A CHAPTER IS DONE..

Perjuangan selama 4 tahun akhirnya mencapai puncaknya juga, sebuah kata “LULUS” didapat, dengan kerja keras begitu banyak orang di belakangnya..

Kegigihan diri sendiri, support dari keluarga yang tidak tergantikan, dan dukungan dari teman-teman yang mengorbarkan semangat, membuat segala nya menjadi mungkin..

Pertarungan terakhir melawan tantangan bernama SKRIPSI mungkin yang terberat dan melelahkan, secara emosional, material, dan fisik.. Secara emosional, karena dibutuhkan kesabaran, keikhlasan, dan semangat yang ekstra untuk menyelesaikannya.. terkadang sangat bersemangat, tapi terkadang ingin melupakannya saja.. Secara materi, tidak sedikit uang yang dikeluarkan untuk print ini-print itu ditambah dengan fotokopian ini-itu, dan biaya ini itu.. *ngakak* ada aza pokoknya pengeluarannya.. secara fisik, tenaga ekstra dan tambahan kekuatan untuk tidak mengantuk membantu mempermudah segalanya..

Dan siapa yang mengira bahwa pertarungannya akan memakan waktu kurang lebih satu tahun tepat, panjang dan menguras jiwa sebenarnya.. Tapi, petarung tidak akan pernah bertarung sendirian, dia punya keluarga, teman, dan bahkan Tuhan di belakang-Nya, and finally i’ve defeated it..

and I’ve won..

Perjuangan selama 4 tahun, berakhir di sini..

Dengan penghargaan sebuah title S.Psi, dibelakang nama Pladidus Santoso.. 4 tahun untuk 4 huruf.. Amazingly insane.. *ngakak*

Selama 4 tahun kehidupan di kampus, banyak pengalaman yang menyenangkan, tapi juga menyedihkan.. Yang pastinya tidak akan terlupakan..

Sebagai seorang perantau dari kota kecil, Jakarta menjadi semacam gerbang impian dan harapan, and that’s the reason why i am here, standing and staring at the star.. ^^

Hidup di Jakarta selama 4 tahun, dan kesemua waktu itu lebih banyak digunakan untuk berinteraksi dengan teman-teman seperjuangan di kampus, memberikan banyak pelajaran dan nilai-nilai berharga yang membuat gua sendiri semakin dewasa tentunya..

 4 tahun ini lah, pertama kalinya gua kenal dekat dan berusaha memahami bagaimana seorang lesbian feme menjalani hidupnya.. Pertama kalinya juga, gua mencintai dua wanita yang salah ^^ (yang beda prinsip dan yang udah punya pacar, *ngakak* stupid me..), dan walaupun it ends up with bad ending, gua sangat menikmati setiap prosesnya, the feeling may faded but the memories won’t..

4 tahun ini juga lah, gua bertemu dengan begitu banyak jenis pribadi, berteman dekat, dan berusaha memahami mereka.. Ada teman yang begitu plegmatis sehingga susah membedakannya dengan yang retard *ngakak*, ada yang doyan khotbah agama, ada yang doyan menghina dan merendahkan orang lain, ada yang doyan makan sampai gak tahu malu, ada yang metrosexual abis, ada mantan-teman yang delusi dirinya idealis, ada teman yang seperti ember bocor matanya *ngakak*, and many more.. But, somehow dengan berinteraksi dengan mereka, mengenal dekat, mendengarkan cerita dan pengalaman mereka, IT TRULY ENRICHES ME!!!, sangat menyenangkan belajar dari orang lain..

4 tahun..4 tahun.. begitu banyak hal, begitu banyak masalah, tetapi kembali menjadi memori yang abadi di otak dan hati..

4 tahun..kesempatan untuk belajar dari pengajar-pengajar dari lingkungan perkuliahan yang membantu untuk berpikir lebih tajam dan kritis.. Menyenangkan.. ^^.. membuat gua semakin bersemangat untuk berpikir lebih bebas, dan juga gila..

4 tahun.. bersahabat, namun juga kehilangan persahabatan.. Bermusuhan, namun juga kehilangan permusuhan.. Menarik..

4 tahun.. and a chapter of my life done..

selesai dengan sebuah gelar..

 

^^.. menikmati setiap detiknya..

Tetapi mendapatkan gelar bukan akhir dari segalanya, karena perjuangan baru saja dimulai sebenarnya. Ibaratnya, baru setara dengan bayi mungil yang baru saja lahir di dunia yang kejam..

Tugas selanjutnya sederhana, continuing my life, and start a new chapter..

Kalo tidak, gua hanya satu dari 600.000 penganggur yang bergelar, and I DON’T FUCKIN WANT IT!!!! I GOTTA FIGHT HARD!!!! I WILL STRUGGLE!!! AND YET I”LL WIN AGAIN!!! ALWAYS!!!!

A chapter is done.. and another one awaits..

and let the past became memories

sweet and sour..

has already became a part of me..

every single person and event from this past 4 years..

are already part of me..

Will miss it, but won’t trapped on it..

 

This is a S.Psi,

bukan sebuah gelar..

tapi hasil perjuangan suatu babak..

dan modal perjuangan ke babak yang baru..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


About this entry