I Was Born in 1987 and I Saw Them All..

Lahir di tahun 1987, berumur kurang lebih 22 tahun ini, dan sementara ini belum menunjukkan tanda-tanda akan meninggal dengan cepat adalah sungguh sebuah berkah.. J.. well, setidaknya menurut pandangan saya secara pribadi, karena lahir di tahun 1987 dan tetap hidup di tahun 2010 berarti merasakan dan mengalami secara pribadi semua kejadian dan event yang mungkin tidak akan dialami oleh mereka yang lahir di tahun berbeda, dan mati di tahun berbeda.. Dan saya sangat bersyukur karena itu..
Dekade perjalanan selama 1987 – 2010 adalah mungkin dekade dimana bumi, manusia, dan perkembangan peradaban “berjalan” dengan kecepatan yang mengagumkan.. Selalu ada inovasi, selalu ada event, selalu ada perkembangan, selalu ada peningkatan sektor kehidupan, dari hari ke hari.. Tapi di balik itu, juga ada tragedi, kesedihan, perang, dan duka dengan kecepatan perjalanan yang sama, namun dengan tatapan yang memilukan.. Tapi hidup memang berkembang dalam bentuk keseimbangan berkesinambungan yang menjaganya tetap hidup.. Tapi hidup ini unik, dan sebagai seseorang yang lahir di 1987, semua event yang terjadi selalu punya probabilitas untuk hanya terjadi sekali seumur hidup, dan betapa bersyukurnya kita sebagai saksi “sejarah” dan dapat bangga karenanya..

I was born in 1987 and I saw..

1. Kehancuran Tembok Berlin (November 1989)
Walapun waktu itu masih berumur 2 tahun, dan enggak ngerti apa-apa soal politik.. Tapi entah mengapa sebagai pribadi, saya senang lahir di dalam masa penyatuan Jerman Barat dan Jerman Timur tersebut.. Sebuah peristiwa besar penanda bersatu kembalinya suatu negara besar, dan menangnya paham demokrasi atas komunis.. J.. Sesuatu yang enggak mungkin terjadi untuk kedua kalinya..

2. The Birth of Nirvana’s masterpiece : NEVERMIND (1991)
Siapa yang bisa menyangkal bahwa Nirvana adalah band besar dengan kontroversi di sana sini.. Beranggotakan Kurt Cobain (Vocal – Guitarist), Krist Novoselic (Bassist), dan Dave Grohl (drummer), band ini menelurkan beberapa album musik sekaligus memperkenalkan sebuah genre musik baru kepada dunia, grunge.. Walaupun usia band ini tidak terlalu panjang dan berhenti ketika sang vokalis, Cobain, mengakhiri hidupnya sendiri, band ini sempat mengeluarkan album, yang menurut saya pribadi, satu kata, “dewa”.. Album tersebut adalah Nevermind, dengan singlenya Smells Like Teen Spirit.. J.. walaupun saya baru menyenangi band ini ketika baru beranjak remaja, tapi album ini adalah album yang tak akan pernah mati dan akan terus dikenang sebagai salah satu album terbaik sepanjang masa.. dan berada di dalam masa dimana dia diciptakan, adalah sesuatu yang mungkin akan dapat anda ceritakan dengan bangga kepada anak-anak anda.. J

3. The Birth of Metallica’s masterpiece : BLACK ALBUM (1991)
Menjadi bagian di dalam masa ketika band heavy / thrash metal terbaik sepanjang masa, Metallica, melahirkan salah satu album terbaik sepanjang masa juga merupakan sebuah “kenikmatan” tersendiri.. Melalui album ini, musik METAL mulai merambah dan “memangsa” dunia.. Termasuk keluarga saya pada saat itu.. Kakak laki-laki saya yang tertua adalah orang yang memulai paginya dengan memperdengarkan Album ini sepanjang hari.. Dan sebagai anak umur 4 tahun saat itu, musik itu masuk ke dalam dunia ketidaksadaran selama ini, dan bangkit dalam beberapa waktu tahun terakhir.. *ngakak*…

4. Jatuhnya UNI SOVIET (1991)
Sebuah negara berhaluan komunis hancur berkeping-keping ketika negara-negara kecil di dalamnya mulai memisahkan diri dan membentuk negara sendiri.. Salah satu kekuatan terbesar di dunia hancur tak berdaya dan berupaya mereformasi diri.. Karena kejatuhan Uni Soviet jugalah, kemudian Amerika Serikat sebagai saingannya memperoleh predikat sebagai negara super power di dunia dan tanpa tandingan.. J.. Ini adalah sebuah event tak terulang, sebuah event besar, dan saya berada di dalam masa yang sama..

5. Peledakan WTC – NEW YORK (February 1993)
Usaha penghancuran terhadap World Trade Center yang pertama kalinya menggunakan bom mobil.. Tidak sampai menghancurkan gedung.. Korban sebanyak 5 orang, dan ribuan orang lainnya terjebak di dalam gedung.. dimulainya Reign of Terror.. Muslim world vs United States of America..

6. The Death of Princess Diana (1997)
Sebuah kisah Cinderella dengan ending terburuk yang pernah saya lihat dan alami sendiri.. Seorang putri yang walaupun kehidupan personalnya kacau balau dan tidak menentu, terus berjuang untuk kemanusiaan di seluruh belahan dunia.. Princess Diana akhirnya meninggal dalam sebuah kecelakaan tragis bersama dengan selingkuhannya.. Pemakaman nya mungkin salah satu pemakaman yang paling menyedihkan dan menyedot pengunjung terbanyak dari seluruh dunia.. Saya pribadi masih ingat, ketika itu TVRI bahkan sampai memberikan laporan eksklusif dan menetapkan event berkabung.. Saya berada di dalam masa, ketika malaikat yang turun ke bumi, diangkat kembali ke surga oleh Tuhan, tidak dalam keanggunan, tetapi setidaknya bersama dengan cinta yang selama ini dia cari.. J

7. The Birth of James Cameron’s masterpiece : TITANIC (1997)
Pada tahun 1997, James Cameron melahirkan sebuah film yang sangat spektakuler dan menyedot perhatian pada masa itu, TITANIC.. Sebagai film dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa dan film dengan peraih OSCAR terbanyak sepanjang masa, sudah memperlihatkan betapa bangganya saya berada di dalam masa ketika film ini dibuat.. Ini akan menjadi film dikenang sepanjang masa, dan saya akan punya cerita menarik untuk anak-anak saya nantinya.. Saya masih ingat bagaimana film ini bertahan lebih dari dua bulan di bioskop daerah saya, dan selalu berada di studio 1.. J..

8. Lahirnya Harry Potter (1997)
Lahirnya Harry Potter lewat buku pertamanya Harry Potter dan Batu Bertuah merupakan sebuah fenomena yang tak tergambarkan.. Bagaimana kemudian saya mengikuti novel ini hingga seri terakhirnya (7 buku), dan akan menjadi pengalaman yang berharga untuk dibagikan di suatu saat nanti.. Kebanggaan untuk saya..

9. The Death of Mother Theresa of Calcutta (1997)
Seorang malaikat yang mengurus penderita kusta dengan tiada kenal takut dan lelah menghembuskan napasnya yang terakhir dan bersama dengan Tuhan bersemayam di dunia yang tak terjamah..

10. Era Reformasi – Kejatuhan Soeharto, Diktator 32 tahun Indonesia (Mei 1998)
Krisisi ekonomi Asia yang menghancurkan pondasi ekonomi Indonesia menyebabkan gerakan mahasiswa yang sudah tidak puas lagi dengan kinerja pemerintahan Soeharto yang sudah memerintah kurang lebih 32 tahun. Gerakan mahasiswa akhirnya melahirkan reformasi dan membawa Indonesia kembali ke dalam kehidupannya yang paling demokratis selama 32 tahun terakhir.. Ini adalah sebuah cerita, sejarah, yang tidak akan lekang oleh waktu, dan saya bangga berada di dalam masa yang sama.. Sebuah perubahan besar bagi Indonesia, sebuah perubahan bagi bangsa, dan sebuah kemajuan dalam proses demokrasi..

11. Indonesia was Chaos (Mei 1998)
Bersamaan dengan runtuhnya Soeharto, kekacauan, pembakaran, pemerkosaan, pembunuhan terjadi di mana-mana di seluruh wilayah Indonesia.. sebuah fakta sejarah yang belum jelas memperlihatkan siapa yang seharusnya bertanggung jawab..

12. The End of Chicago Bulls Era (1998)
Chicago Bulls yang waktu itu diawaki pemain “dewa” semacam Michael Jordan, Scottie Pippen, dan Dennis Rodman, dan diotaki pelatih kawakan Phil Jackson akhirnya kehilangan taringnya setelah memenangi 6 gelar dalam 8 tahun terakhir.. J.. Saya termasuk salah satu yang sering sekali menonton mereka di salah satu stasiun televisi swasta pada waktu itu, and i was a huge fans of them.. setidaknya “kepergian” dream team ini akan menjadi kisah yang menarik untuk diceritakan suatu saat nanti..

13. The Birth of MATRIX (1999)
Salah satu film sci-fi yang bakal jadi abadi juga.. Ketika pertama kali menyaksikan film ini, yang di otak hanya bayangan betapa kerennya nih film, dengan pengambilan gambar yang unik, cerita yang gila, dan special effect yang tiada duanya di kala itu.. Dan seluruh dunia terpesona pada satu scene, BULLET EFFECT..

14. The New Era : 2nd MILLENIUM (2000)
Bagaimana mungkin kita tidak akan ikut berbahagia, sebagai saksi mata dan termasuk mereka yang beruntung untuk ikut ke dalam suatu masa atau fase pergantian tahun yang berjarak 1000 tahun sekali.. Sesuatu yang tidak mungkin terjadi lagi, dan mungkin tidak akan dapat dinikmati oleh semua orang.. Dan saya merasa sangat beruntung karenanya..

15. The Destruction of WTC TOWER (September 2001)
Setelah gagal menghancurkan WTC TOWER dengan bom mobil berdaya ledak tinggi, teroris kemudian menyerang gedung tersebut dengan pesawat terbang yang dibajak dan menabrakkannya ke gedung tersebut.. Ini adalah pertama kalinya Amerika Serikat, negara terkuat di dunia ini, diserang di wilayahnya sendiri.. Salah satu sejarah terkelabu bagi Amerika itu sendiri. Menewaskan kurang lebih 3000 orang dan mencederai banyak lainnya.. Setelah diketahui bahwa yang bertanggung jawab adalah organisasi radikal Islam bernama Al-Qaeda, Amerika kemudian “balas dendam” dan mengobarkan perang di wilayah Timur Tengah khususnya Afghanistan dan Iraq dalam sandi perang “WAR ON TERROR”..

16. BOM BALI I (2002)
Bom yang menewaskan kurang lebih 202 orang, dan sebagian dari mereka adalah orang asing di Bali. Bom yang kemudian diklaim dilakukan oleh organisasi muslim ekstrimis ini membawa bencana “ketidakpercayaan” masyarakat Internasional kepada Indonesia. Bali yang indah, sebuah pulau dewata, hancur karena tangan-tangan tidak bertanggung jawab.. Bom Bali I adalah awal dari modus terror yang kemudian merebak di seluruh wilayah Indonesia.. Begitu tragis dan memilukan.

17. The Deadliest Tsunami (2004)
Gempa berkekuatan 9,1 skala Richter di patahan sebelah timur pulau Sumatera telah mengakibatkan tsunami terkuat yang pernah tercatat di muka bumi ini.. Melihatnya sendiri seperti melihat kiamat yang datang lebih awal.. Membunuh kurang lebih setengah juta orang di seluruh dunia, tsunami ini akan menjadi bagian sejarah buruk di dalam diri bumi itu sendiri.. Sebuah saksi mata akan kebesaran Tuhan dan sekaligus kemurkaan-Nya yang tak tergambarkan.. menyeramkan..

18. Barrack Obama elected (2009)
Masyarakat USA bergembira riang dan bercampur menjadi satu tanpa ada diskriminasi mengabarkan dan merayakan terpilihnya presiden kulit hitam pertama mereka Barrack Obama sebagai presiden mereka.. Sebuah peristiwa bersejarah, karena seolah memberikan pernyataan bahwa “American Dream” dimana semua manusia tanpa mengenal ras, suku, dan agama mempunyai kesempatan yang sama di negara ini.. Dan di sanalah berdiri Barrack Obama, yang lahir di Afrika, pernah menetap di Indonesia, dan sekarang presiden Amerika..

19. The Death of Michael Jackson (2009)
“King of Pop”, Michael Jackson meninggalkan dunia ini pada akhir tahun 2009, dan dunia bersedih karenanya.. Penyanyi berkulit hitam yang mengubah kulitnya menjadi putih ini, telah menghasilkan begitu banyak album yang menjadi hits di seluruh dunia.. Penjualan albumnya fantastis.. Kebanyakan lagunya juga menuliskan lirik-lirik sosial dan kemanusiaan.. Dan berada di dalam masa ia meninggal akan meninggalkan memori tertentu dan akan diturunkan ke generasi selanjutnya.. Karena saya yakin, penyanyi ini tidak akan pernah bisa “mati”..

20. The witness and participant of Armageddon??!! (??!!)
Well, let’s see.. Banyak pendapat dan penelitian, serta penerawangan paranormal mengenai fenomena kiamat yang katanya akan terjadi dalam waktu 2 – 3 tahun ke depan.. Saya tidak akan membicarakan itu..

Well, kedua puluh kejadian di atas adalah kejadian-kejadiaan yang menurut saya terpenting yang pernah terjadi selama kurun waktu saya lahir 1987 hingga saat ini 2010.. Yang lebih menarik lagi adalah bahwa kesemua hal ini menjadikan kita saksi akan sesuatu yang menarik, dan akan kita bagikan ke anak cucu kita, membagikan pengalaman dan pengetahuan.. Kecuali untuk masalah Armageddon, well…………….my half wish i can witness it, and my other half wish i won’t.. So, let’s see lah…

Ada yang menurut anda sepantasnya dimasukkan ke dalam list ini? Leave it on the comment.. J


About this entry